Minggu PRAPASKAH

Kain Mimbar :
MInggu SengsaraWarna Dasar              : Ungu Tua.

Lambang/Logo          : Gambar Ikan dengan tulisan IXHTUS (Bahasa Yunani : Yesu Kristu,Theos Huios,Soteria = Yesus Kristus, Anak Allah,Juruselamat)

Warna Gambar Ikan : Putih.

Warna Tulisan           : Putih.

 

ARTI

Prapaskah yang disebut sebagai Masa Prapaskah adalah persiapan sebelum Paskah yang diperingati selama 6 Minggu dan dihitung mundur ; dimulai dari Hari Minggu setelah Rabu Abu yaitu Minggu VI Prapaskah hingga Minggu I Prapaskah atau Jumat Agung. Selama 6 Minggu ini, Umat Kristiani mengenang dan menghayati kembali seluruh pelayanan Yesus yang penuh tantangan dan derita yang dimulai dari Kaisarea Filipi hingga tiba di Yerusalem. Sebab itulah, Masa Prapaskah merupakan kesempatan bagi Umat Kristiani untuk berpuasa, meratap, sadar diri, menyesal dan bertobat.

Simbol Minggu Prapaskah adalah gambar ikan dengan Bahasa Yunani : IXHTUS : Yesu Kristu, Theos Huios, Soteria = Yesus Kristus, Anak Allah, Juruselamat. Simbol ini sebagai Sandi rahasia di kalangan Umat Kristiani mula – mula yang tengah mengalami penganiayaan. Pada masa penyiksaan dan penganiayaan yang gencar tersebut, mereka tidak bisa saling menyatakan diri sebagai pengikut Yesus. Oleh karena itu, agar mereka tetap bersatu dan saling mengenal di antara mereka sebagi pengikut Yesus dan tetap mengakui iman bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Juruselamat maka mereka menggambar ikan di telapak tangan mereka masing – masing.

Simbol Prapaska ini berganti pada Malam Jumat Agung.

Share Button